logoDgL1

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Donggala Kelas IB

on . Hits: 119

Rio Pakava Lalundu bukan Rio De Jenero

WhatsApp Image 2020 02 29 at 20.40.53 1

Rio De Janeiro merupakan kota negara metropolitan yang terbesar ke empat di dunia yang berada di bagian tenggara Brasil. Rio Pakava Lalundu adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Barat, luas wilayah rio pakava 872,16 km² atau 16,53 persen dan merupakan kecamatan terluas yang berada di kabupaten donggala, namun ironisnya akses jalan menuju ke kecamatan rio pakava sangat memprihatikan.

Pengadilan Agama Donggala Kelas IB dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya selalu berusaha memberikan pelayanan Prima kepada seluruh Masyarakat yang berada di wilayah Hukum Donggala dan Sigi. Meskipun medan yang dilalui untuk memberikan pelayanan Publik kepada para pencari keadilan di Rio Pakava Lalundu sangat berat. Semangat Pimpanan dan tim dalam melaksanakan sidang ITSBAT NIKAH TERPADU tidak tergoyahkan. Bertempat di Kantor KUA Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala, Jumat (28/02/2020).  Kegiatan ini, diadakan oleh Pengadilan Agama Donggala Kelas IB bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Donggala cq. Kantor Urusan Agama Kecamatan Rio Pakava dan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dongaala.

WhatsApp Image 2020 03 02 at 13.51.44

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pengadilan Agama Donggala, Wakil Ketua Pengadilan Agama Donggala, Tim Hakim, Bupati Kabupaten Donggala, Perwakilan dari Kantor Ketua DPRD Kabupaten Donggala, Kepala Kejaksaan Negeri Donggala, Perwakilan dari Kapolres Kabupaten Donggala, Perwakilan dari Dandim Kabupaten Donggala, Perwakilan dari Kantor Catatan Sipil Kab. Doanggala, Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala, Camat Rio Pakava Lalundu, Kepala Desa Rio Pakava, Panitera Muda, Kasubbag, Panitera Pengganti dan Jurusita Pengadilan Agama Donggala, serta Peserta Isbat Nikah Terpadu Rio Pakava Lalundu.

WhatsApp Image 2020 02 28 at 18.10.07

Pelaksanaan sidang Isbat Terpadu tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Donggala Kelas IB,  Drs. H. Karmin, SH. MH. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa dasar Sidang Isbat tersebut adalah Peraturan Mahkamah Agung R.I Nomor 1 tahun 2015 tentang pelayanan terpadu sidang keliling Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Mahkamah Syari’ah dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran. kegiatan tersebut sangat positif karena mempunyai manfaat yang sangat besar sekali  bagi masyarakat, terutama untuk legalitas formal bagi masyarakat yang pernikahannya  belum tercatat (nikah sirri) karena terkait dengan adminitrasi kependudukan, pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran anak-anaknya dan itu semua dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum  Islam dan Undang-Undang Perkawinan (UU No. 1 Tahun 1974).  Setelah pernikahannya yang dilaksanakan secara sah ditetapkan oleh Hakim, maka para pemohon Isbat Nikah akan diberikan Buku Nikah, Kartu Keluarga sekaligus Akta Kelahiran anak-anaknya.

WhatsApp Image 2020 02 29 at 20.40.50

Selanjutnya Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, S.H., MH. Sebagai orang No. 1 (satu) di Donggala, pada awal sambutannya bercerita banyak tentang Sejarah kabupaten donggala, selanjutnya beliau berpesan dalam memberikan pelayanan Publik kepada masyarakat, aparatur pemerintahan harus mempunyai integritas dan berkomitmen untuk memajukan bangsa dan negara ini  khususnya diwilayah donggala. Jangan pernah berbenturan dengan Hukum. Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan akan diproses oleh Kepolisisan, Kejaksaan yang akan berakhir di meja hijau. Kasman, banyak  berterima kasih Kepada Ketua PA. Donggala atas program Isbat Nikah terpadu tersebut yang dilaksanakan di Kecamatan Rio Pakava, karena sangat membantu masyarakat untuk mengurus status pernikahannya yang selama ini belum mempunyai buku nikah karena nikah sirri sehingga admintrasi kependudukan juga mengalami kendala yang fatal untuk istri dan anak-anaknya.

WhatsApp Image 2020 02 28 at 18.06.44

Sidang Isbat Nikah terpadu secara massal dengan Tim hakim dan panitera Pengadilan Agama Donggala Kelas IB sebanyak 5 (Lima) Meja Persidangan.  Sidang isbat selesai  pada pukul 11.30 WITA, Majelis Hakim Memutuskan dari 50 Perkara. yang Dikabulkan 45 Perkara, Perkara yang Digugurkan 2, Perkara yang Dicabut 2, dan Perkara yang Ditolak 1 Akibat Pemohon II bercerai tgl 26 februari 2019 dan menikah tgl 1 Maret 2019, dalam tenggang waktu 3 hari dan Pemohon II dalam keadaan suci, maka berdasarkan ketentuan pasal 40 Kompilasi Hukum Islam Pemohon II terdapat halangan untuk menikah degan Pemohon I karena masih menjalani masa iddah, sehingga persidangan tidak bisa dilanjutkan. Kita doakan semoga pasangan suami isteri yang telah Dikabulkan Isbat Nikahnya menjadi pasangan yang langgeng, sakinah mawaddah dan wa rohmah. Amin. (Kasub IT dan Tim).

WhatsApp Image 2020 02 28 at 18.22.09

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Donggala Kelas IB

Jl. Vatu Bala No. 1 Donggala

Sulawesi Tengah

Telp: 0457-72233 
Fax: 0457-72220

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Tautan Aplikasi